Jelaskan Perbedaan Antara Kerumunan Publik Dan Massa

jelaskan perbedaan antara kerumunan publik dan massa –

Kerumunan publik dan massa adalah konsep penting yang menjelaskan sifat dan hubungan antara orang dan media. Keduanya memiliki banyak persamaan, tetapi ada beberapa perbedaan yang juga penting untuk dicatat.

Kerumunan publik adalah definisi dari sekelompok orang yang berbagi minat, perhatian, dan pandangan. Kerumunan publik terdiri dari orang-orang yang terkait oleh kepentingan umum yang berfokus pada komunikasi dan informasi. Mereka disatukan oleh komunikasi yang bersifat horizontal dan kooperatif. Komunikasi dan informasi di antara kerumunan publik berasal dari berbagai sumber, termasuk media, organisasi, grup, dan jaringan.

Massa adalah definisi dari sekelompok orang yang memiliki satu tujuan atau tujuan yang sama. Mereka dikendalikan oleh media dan organisasi yang berkomunikasi secara vertikal dengan anggota massa. Komunikasi dan informasi di antara massa berasal dari satu sumber, yaitu media dan organisasi.

Kedua konsep ini memiliki beberapa kesamaan. Kedua kerumunan dan massa terdiri dari orang yang memiliki tujuan yang sama. Mereka juga berkomunikasi dengan satu sama lain. Namun, perbedaannya juga cukup signifikan.

Pertama, kerumunan publik terdiri dari orang yang berbagi minat, perhatian, dan pandangan, sementara massa terdiri dari orang yang memiliki tujuan yang sama. Kedua, kerumunan publik terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat horizontal dan kooperatif, sementara massa terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal. Ketiga, kerumunan publik berasal dari berbagai sumber, sementara massa berasal dari satu sumber.

Kerumunan publik dan massa adalah konsep penting yang menjelaskan sifat dan hubungan antara orang dan media. Meskipun kedua konsep ini memiliki beberapa persamaan, ada beberapa perbedaan yang penting antara mereka. Kerumunan publik terdiri dari orang yang berbagi minat, perhatian, dan pandangan, sementara massa terdiri dari orang yang memiliki tujuan yang sama. Kerumunan publik terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat horizontal dan kooperatif, sementara massa terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal. Dan kerumunan publik berasal dari berbagai sumber, sementara massa berasal dari satu sumber.

Penjelasan Lengkap: jelaskan perbedaan antara kerumunan publik dan massa

1. Kerumunan publik terdiri dari orang yang berbagi minat, perhatian, dan pandangan.

Kerumunan publik adalah suatu kelompok orang yang secara bersama-sama berkumpul untuk mengekspresikan pendapat mereka dan berbagi minat, perhatian, dan pandangan. Kerumunan publik sering terbentuk secara alami dalam situasi seperti demonstrasi politik, konser, konferensi, dan acara lainnya yang menggabungkan orang-orang yang memiliki minat dan perhatian yang sama.

Massa adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu kelompok orang yang dianggap sebagai entitas yang lebih besar dari sekedar jumlah individu yang terlibat. Massa adalah suatu kelompok yang lebih besar yang memiliki tujuan yang sama, misalnya mempengaruhi atau mempengaruhi politik, sosial, atau budaya. Massa adalah jumlah besar orang yang tergabung dalam suatu kelompok, meskipun mereka mungkin tidak memiliki minat atau pandangan yang sama.

Kerumunan publik dan massa berbeda karena kerumunan publik terdiri dari orang yang berbagi minat, perhatian, dan pandangan, dan massa terdiri dari orang yang tidak berbagi minat, perhatian, dan pandangan. Massa juga lebih besar dari kerumunan publik. Sebagai contoh, demonstrasi politik mungkin dikatakan sebagai kerumunan publik karena orang-orang yang terlibat berbagi minat dan tujuan yang sama. Namun, massa politik adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu kelompok orang yang dianggap sebagai entitas yang lebih besar.

Read:  Perbedaan Berdasarkan Gender Pada Masyarakat Maju Dikaitkan Dengan

Kerumunan publik dan massa juga berbeda karena kerumunan publik lebih mudah dibedakan, sementara massa tidak dibedakan. Kerumunan publik dapat dibedakan berdasarkan minat, tujuan, atau pandangan yang berbeda, sementara massa tidak dapat dibedakan karena mereka memiliki tujuan yang sama. Sebagai contoh, kerumunan publik yang terlibat dalam suatu demonstrasi politik mungkin berbeda satu sama lain berdasarkan posisi yang mereka ambil. Namun, massa politik adalah suatu entitas yang dianggap sebagai entitas yang lebih besar yang memiliki tujuan yang sama.

Dalam kesimpulannya, kerumunan publik dan massa berbeda karena kerumunan publik terdiri dari orang yang berbagi minat, perhatian, dan pandangan, sementara massa terdiri dari orang yang tidak berbagi minat, perhatian, dan pandangan. Massa juga lebih besar dari kerumunan publik. Selain itu, kerumunan publik lebih mudah dibedakan, sementara massa tidak dibedakan.

2. Massa terdiri dari orang yang memiliki tujuan yang sama.

Kerumunan publik dan massa dapat didefinisikan sebagai dua kumpulan orang yang berbeda. Namun, banyak orang yang kurang menyadari perbedaan antara keduanya. Perbedaan utama antara kerumunan publik dan massa adalah tujuan mereka.

Kerumunan publik adalah kumpulan orang yang berkumpul dalam suatu forum untuk mengutarakan pendapat mereka atau menyerahkan diri pada suatu acara. Mereka terdiri dari orang-orang yang berbeda dengan tujuan yang berbeda-beda. Mereka mungkin berkumpul untuk membahas masalah tertentu, diskusi politik, atau untuk berbagi informasi. Mereka mungkin juga berkumpul untuk menonton acara olahraga, pertunjukan musik, atau untuk bersantai di taman.

Massa, di sisi lain, adalah kumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama. Tujuan mereka bisa berupa mencapai suatu kemajuan atau mencapai suatu tujuan bersama. Massa dapat dibagi menjadi dua jenis: massa yang dipimpin dan massa yang tidak dipimpin. Massa yang dipimpin adalah massa yang dikendalikan oleh pemimpin atau organisator, misalnya demonstrasi politik, pengunjuk rasa, dan lainnya. Massa yang tidak dipimpin adalah massa yang terbentuk secara alami tanpa pemimpin atau organisator, misalnya kerumunan yang terbentuk saat merayakan kemenangan tim olahraga atau saat menonton pertunjukan musik.

Kesimpulannya, perbedaan utama antara kerumunan publik dan massa adalah tujuan mereka. Kerumunan publik terdiri dari orang-orang yang memiliki tujuan yang berbeda-beda, sedangkan massa terdiri dari orang yang memiliki tujuan yang sama.

3. Kerumunan publik terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat horizontal dan kooperatif.

Kerumunan publik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang yang berkumpul dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan tertentu. Kerumunan publik berbeda dari massa karena struktur komunikasi dan informasi yang berbeda.

Pertama, kerumunan publik terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat horizontal dan kooperatif. Komunikasi horizontal berarti bahwa informasi dan ide dapat dibagi secara luas antara anggota kerumunan tanpa adanya hierarki yang saling berhubungan. Ini berarti bahwa semua anggota kerumunan dapat diberi perhatian yang sama dan semua pendapat akan didengarkan. Di sisi lain, komunikasi kooperatif berarti bahwa anggota kerumunan akan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, dan mereka akan saling mendukung dalam upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

Kedua, kerumunan publik biasanya memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini biasanya terkait dengan partisipasi aktif dan berbagi informasi atau memecahkan masalah bersama-sama. Tujuan ini juga dapat bervariasi dari satu kerumunan ke kerumunan lainnya. Sebagai contoh, sebuah kerumunan publik mungkin berkumpul untuk berdiskusi tentang masalah-masalah politik, lainnya mungkin berkumpul untuk mengekspresikan pendapat mereka tentang masalah-masalah sosial, dan masih banyak lagi.

Ketiga, kerumunan publik mengutamakan dialog yang dapat menghasilkan kesepakatan. Ini berarti bahwa anggota kerumunan akan berusaha untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan bersama. Mereka akan mencoba untuk mencapai kompromi melalui dialog dan komunikasi, dan mereka akan berusaha untuk menghindari bentrokan atau perselisihan.

Read:  Perbedaan Membership Group Dan Reference Group

Massa berbeda dengan kerumunan publik karena massa lebih banyak terkait dengan komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal dan kompetitif. Komunikasi vertikal berarti bahwa informasi dan ide bergerak secara hierarkis, dengan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki lebih banyak daya tarik daripada orang lain. Di sisi lain, komunikasi kompetitif berarti bahwa anggota massa berjuang untuk mencapai tujuan individu mereka tanpa mempertimbangkan tujuan lain. Massa juga biasanya lebih banyak terkait dengan perilaku kolektif dan bergabung dalam kegiatan yang melibatkan banyak orang dan menghasilkan hasil yang instan.

Kesimpulannya, kerumunan publik dan massa berbeda satu sama lain karena komunikasi dan informasi yang berbeda yang mereka gunakan untuk mencapai tujuan. Kerumunan publik terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat horizontal dan kooperatif, yang menekankan dialog untuk mencapai kesepakatan bersama. Massa, di sisi lain, terkait dengan komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal dan kompetitif, yang menekankan perilaku kolektif untuk mencapai hasil instan.

4. Massa terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal.

Kerumunan publik dan massa adalah konsep yang sering saling bertentangan. Konsep ini menekankan perbedaan dalam kesadaran sosial dan kekuatan dalam masyarakat. Kerumunan publik adalah sekelompok orang yang berkumpul untuk membahas isu-isu tertentu, sementara massa adalah sekelompok orang yang terhubung secara tidak langsung, tetapi memiliki persepsi dan aspirasi yang sama.

Pertama, kerumunan publik adalah sekelompok orang yang berkumpul untuk membahas isu-isu tertentu. Mereka menggunakan interaksi langsung untuk mengkomunikasikan ide dan pendapat mereka. Kerumunan publik biasanya mencakup orang-orang yang memiliki pendidikan dan latar belakang yang serupa. Mereka berkumpul dalam suatu forum yang berkaitan dengan isu tertentu dan berbagi informasi dan pendapat secara terbuka.

Kedua, massa adalah sekelompok orang yang terhubung secara tidak langsung. Massa tidak memiliki interaksi langsung seperti kerumunan publik. Tidak seperti kerumunan publik, massa mungkin tidak berkumpul secara fisik untuk diskusi. Meskipun demikian, massa dapat terhubung dengan cara lain, seperti melalui media sosial. Massa memiliki persepsi dan aspirasi yang sama dan dapat dipengaruhi oleh informasi yang disajikan oleh pihak ketiga.

Ketiga, kerumunan publik dan massa memiliki pengaruh yang berbeda pada masyarakat. Kerumunan publik dapat berperan sebagai penggerak perubahan sosial, mengajukan perspektif yang berbeda dan mempromosikan partisipasi publik. Massa, di sisi lain, dapat memiliki pengaruh yang kuat pada masyarakat. Massa dapat dipengaruhi oleh informasi yang disajikan oleh pihak ketiga, dan ini dapat menyebabkan perubahan pada perilaku dan keyakinan masyarakat.

Keempat, massa terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal. Komunikasi vertikal adalah proses komunikasi di mana informasi dikirim dari satu tingkat ke tingkat yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa informasi dimulai dari satu sumber dan disampaikan kepada orang lain tanpa interaksi masyarakat. Informasi dan komunikasi vertikal dapat mempengaruhi cara pandang dan sikap massa.

Kesimpulannya, kerumunan publik dan massa adalah konsep yang berbeda. Kerumunan publik adalah sekelompok orang yang berkumpul untuk membahas isu-isu tertentu, sementara massa adalah sekelompok orang yang terhubung secara tidak langsung. Kerumunan publik dan massa memiliki pengaruh yang berbeda pada masyarakat. Massa terkait oleh komunikasi dan informasi yang bersifat vertikal, yang dapat mempengaruhi cara pandang dan sikap massa.

5. Kerumunan publik berasal dari berbagai sumber.

Kerumunan publik dan massa adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan jumlah orang yang berkumpul dalam satu tempat. Keduanya memiliki beberapa perbedaan penting yang perlu dicermati.

Pertama, kerumunan publik didefinisikan sebagai jumlah orang yang berkumpul di tempat tertentu yang terhubung dengan suatu aktivitas, seperti acara, kegiatan, pameran, dan lainnya. Sementara itu, massa adalah jumlah orang yang berkumpul di tempat tertentu tanpa terhubung dengan aktivitas tertentu.

Read:  Mengapa Orang Tua Berperan Sangat Penting Dalam Keluarga

Kedua, kerumunan publik umumnya memiliki tujuan yang jelas, seperti mengikuti acara, menyaksikan pertunjukan, mendengarkan pidato, dan lainnya. Sementara itu, massa biasanya tidak memiliki tujuan yang jelas, dan hanya berkumpul di satu tempat untuk berbicara, bertemu teman, dan lainnya.

Ketiga, kerumunan publik umumnya lebih terorganisir daripada massa. Mereka biasanya lebih teratur dan mendengarkan instruksi dari pihak yang mengatur kerumunan. Sementara itu, massa biasanya lebih acak dan tidak terorganisir dengan baik.

Keempat, kerumunan publik biasanya memiliki lebih banyak anggota daripada massa. Kerumunan publik biasanya terdiri dari ratusan hingga ribuan anggota, sedangkan massa biasanya terdiri dari beberapa puluh hingga ratusan orang.

Kelima, kerumunan publik berasal dari berbagai sumber. Mereka biasanya berasal dari daerah yang berbeda, dengan berbagai latar belakang sosial dan budaya. Sementara itu, massa biasanya berasal dari lokasi dan budaya yang sama.

Kesimpulannya, kerumunan publik dan massa memiliki beberapa perbedaan penting yang perlu diperhatikan. Kerumunan publik memiliki tujuan yang jelas, lebih terorganisir, terdiri dari lebih banyak anggota, dan berasal dari berbagai sumber. Sementara itu, massa biasanya tidak memiliki tujuan yang jelas, lebih acak, terdiri dari beberapa puluh hingga ratusan orang, dan berasal dari lokasi dan budaya yang sama.

6. Massa berasal dari satu sumber.

Kerumunan publik dan massa memiliki perbedaan yang signifikan yang mempengaruhi bagaimana orang berperilaku di dalamnya. Kerumunan publik adalah kumpulan orang yang beraktivitas dan berkomunikasi di tempat umum. Mereka dapat berpartisipasi dalam berbagai jenis kegiatan, seperti acara olahraga, konser, pameran, atau lokakarya. Massa adalah kumpulan orang yang berkumpul di sebuah tempat yang diatur dan diarahkan oleh satu sumber.

Pertama, kerumunan publik berbeda dari massa dalam hal asal usul. Kerumunan publik adalah kumpulan orang yang berasal dari berbagai latar belakang dan tujuan yang berbeda. Berbeda dengan massa, di mana semua orang berasal dari satu sumber yang dapat berupa satu organisasi atau kelompok politik. Di samping itu, banyak orang yang berpartisipasi dalam kerumunan publik tidak memiliki pernyataan politik atau tujuan yang jelas.

Kedua, kerumunan publik berbeda dari massa dalam hal kekuatan dan kompleksitas. Kerumunan publik terdiri dari berbagai kekuatan dan kompleksitas karena adanya berbagai latar belakang dan tujuan. Massa, di sisi lain, biasanya memiliki tujuan yang lebih terbatas dan mengarahkan anggotanya untuk memenuhi tujuan tersebut.

Ketiga, kerumunan publik berbeda dari massa dalam hal komunikasi. Komunikasi dalam kerumunan publik lebih fleksibel dan bebas, sehingga anggota dapat mengekspresikan pandangan dan pendapat mereka tanpa terpengaruh oleh pihak lain. Di sisi lain, massa biasanya lebih terstruktur dan dikendalikan oleh satu sumber yang mengendalikan komunikasi dan aktivitas.

Keempat, kerumunan publik berbeda dari massa dalam hal tujuan. Tujuan dari kerumunan publik adalah untuk menikmati suasana dan bersosialisasi dengan orang lain. Di sisi lain, massa memiliki tujuan yang lebih spesifik, seperti mencapai tujuan politik atau mempromosikan gagasan tertentu.

Kelima, kerumunan publik berbeda dari massa dalam hal orientasi. Kerumunan publik biasanya berorientasi pada kegiatan yang diadakan di tempat tersebut. Massa, di sisi lain, berorientasi pada satu tujuan yang jelas dan tujuannya adalah untuk mencapai tujuan tersebut.

Keenam, massa berbeda dari kerumunan publik dalam hal asal usul. Massa berasal dari satu sumber, seperti satu organisasi politik atau kelompok, sedangkan kerumunan publik berasal dari berbagai latar belakang dan tujuan.

Jelas bahwa kerumunan publik dan massa memiliki perbedaan yang signifikan yang mempengaruhi bagaimana orang berperilaku di dalamnya. Asal usul, kekuatan dan kompleksitas, komunikasi, tujuan dan orientasi adalah beberapa perbedaan utama antara kedua kerumunan. Massa berasal dari satu sumber, sedangkan kerumunan publik berasal dari berbagai latar belakang dan tujuan.